Jurusan Teknik Sipil di Undana

Universitas Nusa Cendana
Universitas Nusa Cendana merupakan perguruan tinggi negeri di propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), yang berdiri pada tahun 1960 dengan beberapa fakultas yang menyelenggarakan pendidikan tinggi.Fakultas-fakultas tersebut menjadi penyumbang terbesar sumber daya manusia dalam pembangunan NTT. Sejalan dengan tuntutan pembangunan dan pengembangan sumber daya manusia, disadari
untuk membuka Fakultas Teknik dengan salah satu juruannya ialah Jurusan Teknik Sipil, agar dapat mengambil peran lebih dalam pembangunan infarastruktur di daerah NTT. Dengan dibukanya Fakultas Teknik maka lulusan SMA di NTT tidak lagi berebutan tempat pada univerisas/institut yang jauh jaraknya dari tempat asal. Selain itu, sebagai bagian integral masyarakat NTT, Undana dapat menyiapkan diri dalam menghadapi perkembangan IPTEK yang bergerak begitu cepat dengan dinamika yang tinggi. Dengan kata lain, bahwa perguruan tinggi (Undana) diharapkan dapat menjadi tujuan lokomotif gerbang dalam tujuan Program Strategis Pembangunan NTT, saling terkait, saling mendukung dan berintegrasi aktif secara terpadu dengan unsur-unsur pembangunan nasional, regional dan lokal. Dari hal tersebut di atas menunjukkan bahwa program pendidikan teknik jenjang (S1) perlu diperjuangkan pembukaannya oleh Undana.

Usaha membuka Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Sipil, didahului dengan pembukaan Program Studi Teknik Sipil di bawah naungan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Teknik yang dimulai pada tahun ajaran 1994. Pada saat yang bersamaan, dibuka juga Program Studi Teknik Mesin dan Teknik Elektro, yang semuanya berada dalam naungan Unit Pelaksana Teknis Teknik Undana.  

Sebelumnya, ada beberapa usaha yang telah dilakukan Undana ke arah pembukaan program studi
teknik jenjang S1, yakni antara lain: 
  1. Pada tahun 1974, Undana telah ikut membantu persiapan berdirinya Akademi Teknik Kupang (ATK), yang setelah berdiri, pengelolaannya diserahkan kepada BAPPEDA NTT, dan mendapat bantuan dana dari Pemda NTT. 
  2. Membuka Jurusan Teknik Sipil sebagai salah satu jurusan pada Program Diploma III Fakultas NonGelar Teknik (FNGT). Undana sejak tahun 1983. Dasar-dasar hukum FNGT Undana mapupun Jurusan Penyuluhan Terpadu dan Jurusan Teknik Sipil ialah SK. Presiden No. 72 tahun 1983, no. 052/DJ.Kep/1982. 
  3. Membantu dibukanya Politeknik Teknologi Undana pada tahun 1984 yang berlokasi di kampus baru Undana, jalan Adisucipto Penfui-Kupang. 

Pengembangan program studi teknik sipil ini juga sesuai dengan RIP UNDANA 1994 – 2003, di mana telah direncanakan dan ditetapkan pembukaan Fakultas Teknik dengan lima jurusan, yaitu: Jurusan Teknik Sipil, Jurusan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Mesin, Jurusan Teknik Arsitektur dan Jurusan Teknik Pertambangan. Melalui SK. Rektor Undana no. 24 tahun 1994, maka Program Studi Teknik Sipil mulai menerima mahasiswa baru pada tahun ajaran 1994 – 1995 melalui jalur PMDK dari seluruh SLTA di NTT. 

Teknik Sipil Undana
Setelah melakukan berbagai upaya maka UPT Teknik telah mendapat pembentukan Program Studi S1 Teknik Sipil, Teknik Elektro dan Teknik Mesin di Undana dari Dikti melalui SK. Dikti No. 242/DIKTI/KEP/1999 pada tanggal 18 Mei 1999. Suart Keptutusan dikeluarkan oleh Dirjen Dikti, yaitu Satryo Soemantri Brodjonegoro, dan pada tahun 2000 untuk pertama kalinya sistem penerimaan mahasiswa baru bagi program studi Teknik Sipil selain melalui jalur PMDK, juga sudah melalui jalur UMPTN.  

Berdasarkan keterbatasan dana akibat dampak resesi ekononi pada akhir ’90 an, Jurusan Teknik Sipil,bersama Jurusan Teknik Elektro dan Jurusan Teknik Mesin, mulai April 2006 dilebur dalam satu fakultas bernama Fakultas Sains dan Teknik berdasarkan Keputusan Menteri No. 16 tahun 2006 yang ditandatangani oleh Menteri Pendidikan Nasional tentang pembentukan Fakultas Sains dan Teknik Udnana, yang merupakan penggabungan UPT Teknik dan UPT MIPA Undana dengan gelar akademik bagi alumninya adalah tetap ST (Sarjana Teknik). Pada tahun 2017, Jurusan Teknik Sipil memperoleh akreditasi B dari BAN-PT no. 0918/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2017, tanggal 29 Maret 2017. 

Sejak terjadi krisis ekonomi pada tahun 1999, telah terjadi perubahan paradigma dalam mengelola pendidikan tinggi. Pedorong hal ini adalah kenyataan bahwa pengangguran yang tercipta banyak datang dari lulusan universitas. Pengangguran yang tercipta sering karena lulusan yang dihasilkan oleh perguruan tinggi tidak sesuai dengan tuntutan industri dan dunia kerja moderen. Tuntutan itu meliputi sumber darya manusia yang berkualitas sesuai standar mutu, moral yang dimiliki dan etos kerja yang tinggi. Selain itu, dalam kerangka globalisasi yang menuntut adanya persaingan, persyaratan kerja dan perubahan orientasi yang cepat peningkatan mutu sesuai standar yang diterima di era globalisasi supaya dapat survive. Leibh khusus bagi lulusan teknik sipil, sekarang ini telah tumbuh banyak asosiasi profesi sebagai persiapan menghadapi AFTA (pasar bebas ASEAN). Asosiasi tersebut mensyaratkan sertifikasi bagi anggotanya yang akan memberikan kesempatan kerja seluasnya bagi anggota tersebut. 

Perkembangan-perkembangan ini menuntut lulusan perguruan tinggi yang berkompetensi yang sedemikian sehingga dapat bersaing di tataran internasional, bersama-sama dengan sarjana – sarjana dari bangsa – bangsa yang lain di Asia Tenggara. Di pihak penyelenggara pendidikan, hal ini menuntut agar universitas-universitas memiliki dosen dan teknisi laboratorium yang berkualifikasi ditandai dengan akreditasi atas kemampuan akademik mereka, fasilitas penunjang (perspustakaan, laboratorium), penerapan manajemen berbasis teknologi informasi, dan relevansi pembelajaran dengan industri dan dunia kerja yang efektif dan produktif. 

Laboratorium Teknik Sipil Undana
Relevansi pembelajaran terkait dengan proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang menempatkan dosen sebagai sumber utama ilmu pengetahuan dengan mahasiswa hanya sebagai objek pembelajaran sehingga kemampuan kognitifnya saja yang diasah, serta kurangnya sentuhan teknologi dalam proses pembelajaran, saat ini dipandang sebagai pembelajaran yang konvensional. Proses pembelajaran yang menempatkan mahasiswa sebagai pusat dari pembelajaran dengan mengoptimalkan kemandiridan mahasiswa sebagai manusia dewasa dengan menyeimbangkan kemampuan kognitif dan emosi, saat ini menjadi acuan dalam proses pembelajaran di universitas – universitas yang siap menyambut globalisasi.


Visi & Misi Jurusan Teknik Sipil Undana

Visi Jurusan Teknik Sipil FST Undana adalah menjadi penyelenggara pendidikan tinggi teknik sipil yang berwawasan global.

Misi Jurusan Teknik Sipil, FST Undana adalah:

  1. Meningkatkan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, melalui pemanfaatan ilmu pengetahuan ketekniksipilan berkelas unggulan berdasarkan kearifan lokal; 
  2. Mengembangkan dan memperkuat sistim manajemen yang mandiri dan mempunyai tata kelola yang baik; 
  3. Membina kerjasama dengan seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) dalam meningkatkan otonomi pendidikan dan pembangunan daerah. 


Tujuan Jurusan Teknik Sipil Undana
Penyelenggaran pendidikan tinggi di Jurusan Teknik Sipil FST Undana bertujuan:

  1. Menyiapkan peserta didik dan mengasilkan lulusan yang mampu mengamati, mengidentifikasi, menganalisa dan memecahkan secara ilmiah, masalah dalam profesi yang digelutinya; 
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu melaksanakan perencanaan, perancangan, pelaksanaan, pengawasan dan pengelolaan bangunan teknik sipil; 
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu membuat laporan kerja dan engineering judgement; 
  4. Menghasilkan lulusan yang memiliki budi pekerti, mandiri dan sikap hati yang bertanggung jawab bagi masyarakat dan bangsa; 
  5. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang teknik sipil;
  6. Mengupayakan dan memanfaatkan hasil penelitian dan pengembangan iptek di bidang teknik sipil;
  7. Membangun dan mengembangkan kepribadian mahasiswa sebaga insan masyarakat yang berbudi pekerti luhur dan menjunjung nilai kemanusiaan, cerdas, berwawasan kebangsaan yang luas,
  8. disiplin, kreatif, inovatif dan bertanggung jawab, mampu memimpin dan bekerjasama dalam tim. 
  9. Menghasilkan kualitas kinerja manajemen akademik dan non akamdemik secara efisien, efektif produktif dan ekonomis, dan 
  10. Menghasilkan kemitraan dengan lembaga lain, baik lokal, nasional, internasional dalam rangka meningkatkan kemandirian lembaga dan lulusan. 

3 comments:

Bahrun mengatakan...

ada lab mekanika tanah?
sy perlu jasa sondir u/ di daerah ENDE

tks

Bahrun mengatakan...

ada lab mekanika tanah?
sy perlu jasa sondir u/ di daerah ENDE

tks

Angga Annisa mengatakan...

Ini luar biasa saat saya mengira semua telah selesai dengan saya Ibu Iskandar datang untuk menyelamatkan saya. Saya sangat berhutang sejauh orang-orang yang saya pinjam uang dari geng melawan saya dan kemudian membuat saya ditangkap sebagai akibat dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan maka masa rahmat diberikan kepada saya saat saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan mencari uang untuk membayar semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada beberapa kreditur sah online sehingga saya harus mencari Karena melalui blog saya berualang kali tertipu tapi ketika saya menemukan Ibu Iskandar CEO ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM, Tuhan mengarahkAan saya ke iklannya melalui blog karena daya tarik saya terhadapnya adalah benar-benar mukjizat mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak menderita karena itulah dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya menerapkannya dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam dua hari saya dikreditkan dengana jumlah pasti yang saya berikaan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Kredit Tanpa Agunan (KTA) sama seperti saya berbicara dengan Anda sekarang saya telah dapat menghapus semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak memerlukan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan apa pun keputusan saya tidak punya urusan dengan Polisi lagi saya sekarang adalah wanita merdeka. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya silahkan hubungi Ibu melalui BBM-nya: {D8980E0B} atau melalui email perusahaan: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia kesulitan ini Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda mengatasi gejolak keuangan dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Ibu Iskandar di alamat di atas sehingga bisa mengatasi kemerosotan keuangan dalam hidup Anda. Anda bisa menghubungi saya melalui email berikut: (anggaannisa1979@gmail.com)) selalu bersikap positif dengan Ibu Iskandar dia akan melihat Anda melalui semua tantangan finansial Anda dan kemudian memberi Anda sebuah tampilan baru finansial.

Detail Kontak Penuh:

Perusahaan: ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM (ISKANDAR LENDERS)
Email: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}
BBM INVITES: {D8980E0B}
                       : {4424AA}
Alamat Facebook: {www.facebook.com/iskandar.lesteri.7}
Website: {iskandarlestari.wordpress.com}

           TESTIMONI OLEH
Penerima Manfaat: Angga Annisa
   Email: {anggaannisa1979@gmail.com}

Posting Komentar