Moda
Transportasi di Singapura
Singapura merupakan negara yang memiliki
sistem transportasi publik yang baik. Dengan mengutamakan kenyamanan, tepat
waktu dan efisien sehingga memudahkan turis maupun penduduk lokal mengelilingi
Singapura, seperti Taksi, Bus Kota, Mass Rapid Transit (MRT), dan Light Rail
Transit (LRT). Penduduk di Singapore lebih menyukai menggunakan alat
transportasi umum untuk menunjang kebutuhan transportasi.
Kita sebagai orang
Indonesia ketika mendarat di bandara Changi dan menuju kota hanya dengan beberapa
menit saja. Atau, jika ingin sehemat mungkin, hanya dengan sekitar empat puluh
tiga puluh lima menit, dapat mencapai hotel di daerah Bugis atau City Hall
hanya dengan SGD2.90 saja. Semuanya menjadi pilihan. Namun, yang pasti
menggunakan transportasi umum di Singapura sangatlah nyaman, bersih, dan
menyenangkan. Berikut ini adalah penjelasan mengenai 3 moda angkutan umum di
Singapura :
a. Sistem
Transportasi Berbasis Rel
Singapore
memiliki dua jenis alat transportasi umum berbasis rel yakni Light Rail Transit
(LRT) dan Mass Rapid Transit (MRT). Tentu saja MRT dan LRT memiliki nilai
kegunaan yang berbeda, MRT menjangkau hampir seluruh wilayah Singapore
sedangkan LRT berfungsi sebagai layanan penumpang yang mencakup wilayah Bukit
Panjang, Sengkang, dan Punggol. Cara pembayaran MRT dan LRT dapat dengan
membeli tiket standar yang tersedia di setiap stasiun atau bisa dengan kartu
isi ulang EZ Link atau NETS Flashpay. Jam operasionalnya dari Pukul 05.30 –
01.00 dini hari. Sedangkan untuk tarif sekitar 0,73 SGD – 1,51 SGD tergantung
jarak tempuh penumpang. MRT merupakan pilihan yang paling hemat untuk menuju
berbagai tempat dan stasiun di city center atau pusat kota.
b. Layanan
Bus Umum
Layanan
bus merupakan salah satu alat transportasi favorit di Singapore. Jumlah rute
bus di negara ini mencapai 300 rute dan dioperasikan oleh hampir 4.000 armada.
Bentuk bus di Singapore berbeda dari bus Indonesia, bentuk bus memiliki panjang
12 meter, bus midi atau berukuran sedang, dan bus tingkat. Jam operasionalnya
dari pukul 05.30 – 23.30 dengan tarif sekitar 0,73 SGD – 4,2 SGD. Bus menjadi
moda transportasi yang paling jarang digunakan oleh wisatawan Indonesia untuk
menuju pusat kota dari bandara Changi dan sebaliknya. Selain waktu yang
digunakan sangat lama.
c. Layanan
Taksi
Layanan
taksi di Singapore mudah dijumpai, hampir di seluruh wilayah bisa dijumpai alat
transportasi ini. Taksi juga bisa ditemukan di pangkalan yang berlokasi di
dekat tempat wisata dan hotel. Jam Operasionalnya dari pukul 06.00 – 24.00
dengan tariff sekitar 3 SGD – 10 SGD tergantung jarak dan waktu. Taksi tentu
saja, ini menjadi pilihan paling mahal namun paling diminati oleh orang banyak.
Menggunakan taksi di jam-jam tertentu dapat menjadi sangat mahal, taksi dapat
menjadi moda transportasi yang mewah, namun cepat dan efisien.
Layanan
Multimoda di Singapura
Sistem transportasi umum diatur oleh Land
Transport Authority, yang mengawasi tiga mode utama transportasi umum. Regulasi
tarif dan layanan bus standar berada di bawah lingkup badan independen, Public
Transport Council. Di Singapura ada sebuah kartu e-money yang namanya EZ Card, Kartu ini adalah kartu saktinya Singapura.
EZ Card dapat digunakan pada semua moda transportasi umum, parkir, dan
pembelian ritel kecil. Dengan kartu ini proses embayaran akan lebih cepat
karena tinggal menempelkan kart di dekat mesin tanpa perlu mengeluarkan uang cash lagi. Selain itu lebih hemat
dibandingkan jika menggunakan uang cash.
Hal ini karena harga tiket dihitung berdasarkan jarak tempuh, bukan setiap kali
naik. Kartu ini di jual di stasiun MRT
Di Singapura ada sebuah lembaga multimoda
yang bernama TransitLink. Transit Link Pte Ltd didirikan pada 16 November 1987
dan menjadi anak perusahaan dari Land Transport Authority pada 30 April 2010. TransitLink
memainkan peran penting dalam sistem Angkutan Umum Singapura sebagai Transit
Acquirer yang menyediakan layanan terintegrasi dan solusi untuk pemerintah
(seperti Dewan Transportasi Umum dan Land Transport Authority), Transportasi
Operator Umum (SBS Transit dan SMRT), Manajer Kartu (EZ-Link dan NETS) dan tentu
saja, semua pelanggan. Lembaga ini membantu untuk menciptakan sebuah sistem
multi-modal yang terintegrasi dengan mode tarif-pembayaran umum , platform
informasi, dan jaringan fisik tanpa duplikasi pelayanan. Semua tarif moda di
Singapura sudah terintegrasi oleh TransitLink, para komuter hanya perlu
membayar 1 kali dan melewati 2 pintu (pintu masuk dan keluar) untuk 1
perjalanan, bahkan untuk transfer ke jalur yang dioperasikan perusahaan berbeda.
Sistem
Angkutan Multimoda di Singapura
Singapura
dianggap sebagai pemimpin internasional dalam perencanaan transportasi multmoda
yang terintegrasi. Transportasi multimoda singapura dibuat dengan lisensi
pertama di dunia dan sistem Electronic
Road Pricing, dan menggunakan sistem kuota untuk membatasi kepemilikan
kendaraan sepenuhnya. Kemudian pemerintah membuat investasi lanjutan di bidang
infrastruktur transportasi (Litman, 2014). Secara fisik stasiun transit di
Singapura dirancang untuk mengintegrasikan beberapa mode dan pembangunan daerah.
Sistem angkutan multimoda di Singapura
terdiri dari empat sistem utama: Mass Rapid Transit (MRT), LRT, bus dan taksi,
yang dioperasikan oleh dua operator transit utama multimodal. Saat ini, dari
total 7,7 juta perjalanan dilakukan setiap hari, sekitar 60% dari perjalanan
sehari-hari yang dibuat menggunakan sistem transit multimodal (MOT, 2002).
Rencana jangka panjang adalah untuk meningkatkan pangsa untuk 75% melalui
perluasan jaringan dan layanan (LTA 1996). Pada gambar di bawah dapat dilihat dalam
rencana transit kereta api utama oleh LTA, layanan MRT akan memberikan layanan
bagasi besar, sementara LRT dan bus akan berfungsi sebagai mode pengumpan dalam
sistem transit multimoda yang terintegrasi. Model perencanaan layanan rapid transit akan melayani terutama dari
perjalanan menengah sampai perjalanan jarak jauh, sementara LRT dan bus akan
memfasilitasi perjalanan singkat ke rumah.
Sistem
Angkutan Multimoda di Singapura
Singapura
dianggap sebagai pemimpin internasional dalam perencanaan transportasi multmoda
yang terintegrasi. Transportasi multimoda singapura dibuat dengan lisensi
pertama di dunia dan sistem Electronic
Road Pricing, dan menggunakan sistem kuota untuk membatasi kepemilikan
kendaraan sepenuhnya. Kemudian pemerintah membuat investasi lanjutan di bidang
infrastruktur transportasi (Litman, 2014). Secara fisik stasiun transit di
Singapura dirancang untuk mengintegrasikan beberapa mode dan pembangunan daerah.
Sistem angkutan multimoda di Singapura
terdiri dari empat sistem utama: Mass Rapid Transit (MRT), LRT, bus dan taksi,
yang dioperasikan oleh dua operator transit utama multimodal. Saat ini, dari
total 7,7 juta perjalanan dilakukan setiap hari, sekitar 60% dari perjalanan
sehari-hari yang dibuat menggunakan sistem transit multimodal (MOT, 2002).
Rencana jangka panjang adalah untuk meningkatkan pangsa untuk 75% melalui
perluasan jaringan dan layanan (LTA 1996). Pada gambar di bawah dapat dilihat dalam
rencana transit kereta api utama oleh LTA, layanan MRT akan memberikan layanan
bagasi besar, sementara LRT dan bus akan berfungsi sebagai mode pengumpan dalam
sistem transit multimoda yang terintegrasi. Model perencanaan layanan rapid transit akan melayani terutama dari
perjalanan menengah sampai perjalanan jarak jauh, sementara LRT dan bus akan
memfasilitasi perjalanan singkat ke rumah. 2.3.Sistem
Angkutan Multimoda di Singapura
Singapura
dianggap sebagai pemimpin internasional dalam perencanaan transportasi multmoda
yang terintegrasi. Transportasi multimoda singapura dibuat dengan lisensi
pertama di dunia dan sistem Electronic
Road Pricing, dan menggunakan sistem kuota untuk membatasi kepemilikan
kendaraan sepenuhnya. Kemudian pemerintah membuat investasi lanjutan di bidang
infrastruktur transportasi (Litman, 2014). Secara fisik stasiun transit di
Singapura dirancang untuk mengintegrasikan beberapa mode dan pembangunan daerah.
Sistem angkutan multimoda di Singapura
terdiri dari empat sistem utama: Mass Rapid Transit (MRT), LRT, bus dan taksi,
yang dioperasikan oleh dua operator transit utama multimodal. Saat ini, dari
total 7,7 juta perjalanan dilakukan setiap hari, sekitar 60% dari perjalanan
sehari-hari yang dibuat menggunakan sistem transit multimodal (MOT, 2002).
Rencana jangka panjang adalah untuk meningkatkan pangsa untuk 75% melalui
perluasan jaringan dan layanan (LTA 1996). Pada gambar di bawah dapat dilihat dalam
rencana transit kereta api utama oleh LTA, layanan MRT akan memberikan layanan
bagasi besar, sementara LRT dan bus akan berfungsi sebagai mode pengumpan dalam
sistem transit multimoda yang terintegrasi. Model perencanaan layanan rapid transit akan melayani terutama dari
perjalanan menengah sampai perjalanan jarak jauh, sementara LRT dan bus akan
memfasilitasi perjalanan singkat ke rumah.
Dasar sistem angkutan multi moda di Singapura - yang direncanakan dan jaringan MRT yang ada (Sumber: Lam,2006). |
Saat ini, ada dua operator utama dari
layanan bus, SBS Transit dan Trans Island Bus Services (TIBS), dengan jumlah
total armada sekitar 3800 bus (SBS: 2602 bus dan TIBS: 787 bus). Kedua
perusahaan mengoperasikan total 282 bagasi dan feeder (SBS: 172 rute dan TIBS:
56 rute). Setiap hari ada sekitar 3,2 juta penumpang bus, dengan 75%
menggunakan layanan SBS. Total panjang rute oneway
adalah 3.579 km, dari yang SBS Transit beroperasi 2535 km dan TIBS beroperasi
1044 km (PTC 2003). Dalam pembangunan sistem transit multimodal, peran bus
diatur untuk sistem angkutan cepat. Di tempat-tempat di mana tidak ada
transportasi yang cepat, layanan bus bagasi bisa mencapainya. Layanan bus digunakan
sekitar 40% dari total perjalanan (MOT 2002). Sejalan dengan kebijakan sistem
transportasi umum, layanan bus berusaha untuk mempertahankan profitabilitas di
rute utama, pada saat lintas subsidi kurang pro-rute
Mass Rapid Transit System (MRT) terdiri
dari tiga jalur utama: Timur-Barat, Utara-Timur dan garis Utara-Selatan dari
total panjang 111 km, dengan 39 km bawah tanah. Ada 65 stasiun, dantaranya 31
stasiun bawah tanah. (Lam, 2006). Sistem ini melayani sekitar 1,2 juta
penumpang per hari (MOT 2003). Jaringan MRT adalah jaringan yang konvensional,
sistem kereta api digerakkan oleh tenaga listrik, yang menyediakan layanan
bagasi dengan frekuensi yang tinggi dan merupakan tulang punggung sistem
transportasi darat di Singapura. Jaringan MRT yang ada. Line Timur Utara (NEL)
dibuka pada Juni 2003 dan telah menambah 20 km panjang jaringan. Pada tahun
2010 jaringan rel berkembang 100 km usai selesainya tahap 1 dan 2 dari Circle
Line, yang akan mengelilingi pulau. Ini akan sangat meningkatkan konektivitas
dan aksesibilitas dari sistem. Dalam jangka panjang, ada rencana untuk memperluas
sistem kereta api untuk 160 km dalam waktu 10-15 tahun. Sistem MRT ini
dilengkapi dengan sistem LRT di berbagai kota-kota perumahan sebagai feeder
untuk meningkatkan aksesibilitas jaringan kereta api.
Singapura saat ini memiliki jumlah taksi
sekitar 19.000 taksi yang dioperasikan oleh 4 perusahaan taksi, yaitu Comfort
Transportation, City Cab, TIBS dan the Yellow-Top. Hampir semua taksi
dilengkapi dengan sistem pelacak otomatis berbasis GPS yang melacak, memantau
dan arahkan kendaraan (Lam,2006). Dengan total perjalanan harian sekitar
580.000, layanan taksi di Singapura memainkan peran penting dalam memberikan akses
yang cepat, transportasi yang nyaman untuk orang atau kelompok dengan
pendapatan menengah ke atas. Tentunya ini kompatibel dengan negara-negara
berpenghasilan tinggi lainnya. Sebagai sarana yang fleksibel dan penting bagi
transportasi, taksi menjembatani kesenjangan antara angkutan umum dan pribadi.
Integrasi
Sistem Transit Multimoda Singapura
Sistem angkutan multimoda yang tidak
direncanakan dan tdaik dioperasikan sebagai sistem individual. Sistem ini
terintegrasi untuk memfasilitasi kemudahan dan efisiensi perjalanan menggunakan
beberapa model, yang telah menjadi kebiasaan penduduk disana untuk melakukan
transit dalam perjalanan di Singapura. Tujuan utamanya adalah untuk
meningkatkan integrasi antara sistem yang berbeda dengan cara yang mudah. Ini
hanya dapat dicapai dengan perencanaan yang baik yang menintegrasi
infrastruktur dan yang paling penting adalah integrasi layanan.
Di Singapura, bentuk-bentuk integrasi
dapat diklasifikasikan ke dalam tiga kategori utama yaitu konektivitas dasar, pembangunan
tempat transit, dan tujuan perjalanan (Tong, 2002). Untuk menyediakan
konektivitas dasar, stasiun dihubungkan dengan bentuk transit yang lain untuk
menyediakan akses yang terlindung di segala kondisi cuaca. Pembangunan tempat
transit melalui integrasi fasilitas dalam lokasi stasiun transit, misalnya, simpangan
Woodlands dengan desain tiga tingkat untuk memfasilitasi transfer antara MRT,
bus, mobil dan taksi, seperti yang ditunjukkan pada Gambar di bawah ini.
Sebuah simpang yang terintegrasi secara vertikal - The Woodland Interchange |
Strategi
utama untuk mencapai sistem transit multimodal yang baik dapat diringkas
sebagai berikut (Segaram 1994; Konopatzki 2002; Tong 2002):
1. Integrasi
kelembagaan: Itu pertama dicapai melalui pembentukan TransitLink, yang
merupakan organisasi antar-lembaga untuk memfasilitasi integrasi layanan oleh
perusahaan yang berbeda.
2. Integrasi
fisik: Ini termasuk menyediakan infrastruktur untuk memfasilitasi transit
antara moda yang berbeda : misalnya, integrasi vertikal stasiun MRT dan bus
susun; integrasi stasiun dengan perkembangan komersial dan kantor; atau hanya
dengan menyediakan linkways tertutup
3. Integrasi
tarif: Sejak tahun 1986, kartu tarif TransitLink telah menjadi fasilitas utama
pembayaran tarif untuk 2 moda MRT dan layanan bus. Tarif perjalanan multimoda
yang melibatkan bus dan MRT dapat menerima diskon, yang diberikan kepada
penumpang menggunakan kartu tarif dengan bentuk potongan harga pada setiap
transaksi..
4. Integrasi
Jaringan: Tahap pertama dari integrasi jaringan dicapai melalui integrasi
jaringan MRT dan bus, karena duplikasi layanan yang ditawarkan kepada publik
sejak pengoperasian MRT selama akhir 1980-an.
Untuk
stasiun transit multimoda, perlu diintegrasikan dengan kebutuhan yang sedemikian
rupa sehingga merupakan bagian integral dari perkembangan, yang sebenarnya
menjadi 'milik' 'transportasi yang terintegrasi' (Tong 2002). Contoh ini dapat
ditemukan di stasiun Novena, seperti
yang ditunjukkan pada Gambar di bawah ini
yang ditunjukkan pada Gambar di bawah ini
3 comments:
thanks for the information...
Good information
KABAR BAIK!!!
Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.
Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.
Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.
Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.
Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan
Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com
Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.
Sepatah kata cukup untuk orang bijak.
Posting Komentar