Review Jurnal Ilmiah
Judul
: Audit Keselamatan Jalan Berbasis GIS
Jurnal
; International Journal of Scientific Engineering and Research (IJSER)
Volume
& Halaman : Volume 1 Halaman 22-23
Tahun
: 2013
Penulis
: Mazhar Sayed & Sumedh Mhaske
1. Latar Belakang dan Tujuan Penelitian
Di
India terjadi lebih dari seratus ribu kematian per tahun jumlah itu merupakan 10% dari jumlah
kematian seluruh dunia akibat kecelakaan di jalan. Jalan nasional dan jalan
negara jika dibandingakn dengan total jaringan jalan total yang ada, cuma 6%
tetapi harus melayani 70 sampai 75% dari total lalu lintas yang ada di India.
Situasi keselamatan jalan di India memburuk. Kecelakaan, korban jiwa dan luka
menigkat secara dramatis dalam 20 tahun terakhir ini - meningkat sekitar 5%
dari dua dekade terakhir.
Penelitian
ini bertujuan untuk memberikan gambaran dalam perencanaan transportasi yang
mana penulis menyederhanakan proses audit keselamatan jalan dengan
mengintegrasikannya dengan sebuah program berbasis GIS "Gram ++".
Teknik ini akan membantu auditor jalan membedakan lokasi yang berbeda dari ruas
jalan yang memliki frekuensi kecelakaan lebih tinggi dengan lokasi yang
memiliki frekuensi kecelakaan lebih rendah yang seharusnya berpotensi meningkatkan
biaya efektif. Ini juga akan membantu para ahli audit keselamatan jalan untuk
mengidentifikasi dan fokus pada permasalahan nyata pada lokasi yang spesifik
dari ruas jalan yang tepat dari tahap perencanaan yang mana telah disajikan
penulis yaitu prosedur dan bagaimana hal itu dapat diterapkan sehingga semua
kelengkapan jalan dapat dapat diterapkan secara serentak
2. Metode
Sebuah
ruas jalan dengan panjang 3 KM pada Jalan Nasional 17 antara Panverl dan
Indapur diambil untuk penelitian. Semua fitur dari ruas jalan akan disorot
menggunakan program berbasis GIS "Gram ++". Digitaslisasi dari ruas
jalan akan menunjukan super elevasi. Kemudian akan ditampilkan Super elevasi
<5% dan bagian yang memiliki radius <5000m.
3. Hasil dan Pembahasan
Menunjukan
bagaimana elemen-elemen yang berbeda dari ruas jalan dapat disorot menggunakan
sebuah program berbasis GIS langsung dari tahap perencanaan sehingga sejumlah
besar kecelakaan dapat dihindari terlebih dahulu. Ini akan membantu auditor
jalan untuk menganalisis semua lapisan secara bersamaan sehingga rekomendasi
yang diberikan pada tahap awal daat dilaksanakan secara bertahap dan
berturut-turut dari proses audit keselamatan jalan sehingga koreksinya dapat
dibuat secara langsung
4. Hal Yang Menarik
Penulis
mengangkat masalah yang kalau dibilang masalah tersebut merupakan salah satu
masalah utama yang sangat kompleks yang dihadapi di India, yaitu tingkat
keselamatan jalan yang semakin memburuk dengan mencoba memberikan solusi dengan
pendekatan yang sederhana, yaitu dengan digitalisasi elemen-elemen dari ruas
jalan menggunakan program yang berbasis GIS “Gram ++”.
Pedoman
yang digunakan penulis juga cukup terupdate, yaitu penulis disini berpedoman
pada IRC- SP-88-2010 - Manual on Road Safety Audit
5. Kelemahan Paper
Paper
ini tidak menunjukan menampilkan permasalahan nyata yang spesifik dengan
angka-angka yang rill yang terjadi pad masing-masing elemen pada ruas jalan
tersebut, Sedangkan penyajian gambar yang ditunjukanpun angka-angkanya tidak
jelas Cuma bentuk super elevasilnya saja yang kelihatan.
1 comments:
wah
Posting Komentar